Welcoming New Members To the Family

Jakarta, 12 September 2015 – KOMPAK Jakarta adalah sebuah komunitas orang muda yang aktif dalam menyuarakan dan menentang Perdagangan Manusia dan Eksploitasi Seksual Komersial Anak. Isu perdagangan manusia khususnya anak dan eksploitasi seksual komersial anak menjadi sangat penting karena anak-anak kerap kali menjadi tujuan objek seksual orang dewasayang seharusnya melindungi anak-anak dari segala bentuk kekerasan dan eksploitasi.

KOMPAK Jakarta juga memiliki kepedulian agar anak-anak dan orang muda dapat memproteksi dirinya, mencegah lingkungan sekitar mereka dan mampu menyuarakan bahaya akan eksploitasi seksual komersial anak. Hal ini dikarenakan banyak pihak yang belum menyadari akan bahaya dan pentingnya isu ini. Saat ini, KOMPAK Jakarta telah berjejaring dengan 3 mitra yang tersebar di Medan, Batam, Lampung.

Hari ini, bertempat di ASEAN Yiuth Center Jakarta seluruh anggota baru KOMPAK Jakarta Batch III berkumpul untuk pertama kalinya setelah melalui serangkaian proses seleksi, mulai dari seleksi berkas dan wawancara. Terpilihlah 44 anggota baru KOMPAK Jakarta Batch III. Anggota kepengurusan kali ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda, ada yang masih berstatus siswa-siswi sekolah menengah atas dan sebagian besarnya berstatus sebagai mahasiswa dari berbagai universitas.

KOMPAK Jakarta adalah wadah bagi anak dan orang muda untuk dapat berperan aktif dalam proses promosi dan pencegahan terhadap masalah-masalah eksploitasi seksual anak yang diharapakan tidak terjadi di masa yang akan datang. Orang muda merupakan salah satu aktor kunci dalam memerangi eksploitasi seksual anak karena orang muda memiliki keunggulan-keunggulan seperti lebih leluasa dalam berkreatifitas, lebih mudah berkomunikasi dengan sesama orang muda, dan memiliki semangat untuk memerangi segala bentuk kekerasan dan eksploitasi anak.

KOMPAK Jakarta juga berupaya dalam menyikapi permasalahan kekerasan dan eksploitasi seksual terhadap anak selalu menjadi perbincangan serius, seakan tiada hari tanpa ada anak yang menjadi korban kekerasan dan eksploitasi.

Kegiatan ini juga mendapat perhatian dari ECPAT International, Junita Upadhay selalu Deputi Program Eksekutif Direktur menyampaikan melalui video call untuk memberi selamat dan semangat kepada pada orang muda untuk terus aktif bersuara memerangi Eksploitasi Seksual Komersial Anak.

Berikut kutipan yang diambil dari E-Bulletin ECPAT International

“INDONESIA—In September, ECPAT Indonesia’s youth group, KOMPAK Jakarta announced its new membership. The group saw 90 people register to become members of KOMPAK Jakarta and 44 registrants were elected.

The youth were welcomed at a ceremony for new members on 12 September 2015 at Asean Youth Center Jakarta. ECPAT’s Deputy Executive Director for Programmes, Junita Upadahay welcomed the youth group to ECPAT’s global network via Skype from Bangkok.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.