Jakarta – Sabtu, 24 November 2018, KOMPAK Jakarta bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP&PA) mengadakan Sosialisai Pencegahan Kekerasan terhadap Anak melalui Pendekatan Konvensi  Hak Anak  yang diadakan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta. Kegiatan ini mengundang 200 peserta yang berasal dari pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) se-Jakarta, mahasiswa, dan staf KPPPA. Kegiatan Sosialisasi ini dibuka oleh  Dra. Valentina Gintings, M.Si yang merupakan Asisten Deputi Perlindungan Anak dari Kekerasan dan Eksploitasi KPPPA.

Sosialisasi difasilitasi oleh Bapak Hadi Utomo yang merupakan pengurus sekaligus pegiat perlindungan anak dari Yayasan Bahtera. Melalui perspektif Konvensi Hak Anak yang telah diratifikasi oleh Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990, Bapak Hadi Utomo mengajak peserta memahami hak dasar anak, yaitu non diskiriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, kelangsungan hidup dan tumbuh kembang, dan kepentingan terbaik bagi anak. Serta bagaimana keluarga dan lingkungan anak seharusnya dapat mengakomodasi hak tersebut untuk kepentingan terbaik bagi anak.  Bapak Hadi Utomo juga mengajak peserta melihat studi kasus sehari-hari tentang bagaimana masyarakat melalui keluarga sering melakukan kekeliruan dalam mengasuh anak dengan menggunakan kekerasan baik secera fisik, psikis, bahkan seksual dengan alasan untuk mendidik anak. Sebagai penggiat hak anak yang bekerja dengan Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH), Pak Hadi Utomo juga menjelaskan permasalahan perlindungan anak  dari kaca mata hukum.

Melalui RPTRA, Pak Hadi Utomo berharap ada sebuah sistem yang terintegrasi di masyarakat yang dapat melindungi anak baik dalam tahapan pencegahan, penanggulangan, rehabilitasi, dan reintegrasi sosial yang juga didukung oleh program KPPPA, yaitu Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyrakat . Selanjutnya, KOMPAK Jakarta dan KPPPA juga akan mengadakan pelatihan dalam skala yang lebih kecil dibeberapa RPTRA di Jakarta untuk mencegah kekerasan terhadap anak melalui kesadaran akan tubuh dan perspektif gender.

Atissa Puti | Koordinator KOMPAK Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *